Tuesday, August 4, 2009

strategi bisnis


STRATEGI SUKSES BISNIS DENGAN TI


http://riyanarto.blogspot.com

untitled-6.jpg

STRATEGI SUKSES BISNIS DENGAN TI
Berbasis Balanced Scorecard dan COBIT

Keberhasilan upaya inovasi perusahaan bergantung pada penyelarasan bisnis dan teknologi

Penyelarasan strategi bisnis dengan Tujuan Teknologi Informasi telah menjadi perhatian utama manajemen eksekutif perusahaan dalam dekade akhir ini. Berbagai riset dilakukan untuk membuktikan bagaimana Teknologi Informasi (TI) dapat memberikan kontribusi lebih terhadap kinerja bisnis jika tujuannya selaras dengan strategi bisnis perusahaan. Paradigma yang terbangun kemudian adalah semakin tinggi tingkat penyelarasan tersebut, maka akan mampu mengarahkan perusahaan untuk meraih kinerja bisnis yang sukses.

Agar penyelarasan tersebut dapat dikendalikan dalam kerangka yang terarah, maka perlu diketahui mengenai apa dan bagaimana kontribusi TI terhadap kinerja bisnis yang dapat diketahui dalam pengukuran kinerja. Pengukuran kinerja TI dilakukan melalui penentuan indikator kinerja dari Tujuan Proses dan Tujuan Aktivitas serta outcome dari Tujuan TI. Hasil pengukuran kerja tersebut akan digunakan sebagai bahan penentuan tingkat kedewasaan Proses TI di perusahaan.

Selanjutnya, hasil pengukuran tersebut dapat dijadikan dasar untuk perbaikan berkelanjutan (continuous improvement) dengan penyempurnaan objektif kontrol dan kontrol yang terkait dalam pengelolaan Proses TI. Penyempurnaan tersebut dimaksudkan agar Proses TI bekerja lebih baik dalam memenuhi kriteria informasi yang dibutuhkan bisnis. Hal ini seharusnya diimbangi pula dengan peningkatan penyediaan sumber daya TI.

Buku ini disusun secara praktis agar dapat digunakan baik oleh pelajar, mahasiswa, praktisi TI dan Chief Information Officer (CIO) serta manajer perusahaan. Penyusunan buku ini mengacu pada makalah-makalah praktis saat ini sehingga konsep dan kerangka kerjanya dapat digunakan secara optimal sebagai panduan dalam penyelarasan strategi bisnis dengan Tujuan TI. Sebagai tambahan, penting untuk diperhatikan bahwa sebelum investasi TI dilaksanakan, Tujuan TI seharusnya diselaraskan dengan strategi bisnis sehingga TI dapat berperan optimal sebagai pensukses strategi bisnis perusahaan.

Manfaat yang dapat diambil dari pengaplikasian konsep buku ini, antara lain : Tujuan Bisnis lebih selaras dengan Tujuan TI, Aktivitas TI dapat dimengerti oleh pihak manajemen, pemilik dan penanggung jawab Proses TI lebih jelas, kesepahaman yang lebih baik diantara seluruh stakeholder dengan menggunakan bahasa yang seragam serta dukungan yang lebih baik terhadap kebutuhan bisnis melalui penyediaan TI.

Komentar :

“Pada abad millenium ini dukungan Teknologi Informasi pada marketing sudah menjadi keharusan. Penulis membahas penyelarasan empat perspektif Balanced Scorecard dengan Tujuan TI, yang tentunya dapat dipakai sebagai dasar pengoptimalan dukungan TI terhadap kegiatan marketing. Buku ini bermanfaat dan dapat membantu praktisi marketing mensinergikan Tujuan TI pada berbagai aktivitasnya.

” (Hermawan Kartajaya, Founder and CEO MarkPlus Inc. dan President of World Marketing Association)

No comments:

Post a Comment